Thursday 2 May 2013

Minuman Khas Betawi



Bir Pletok

Minuman khas dari Betawi yang satu ini bukanlah minuman yang mengandung alkohol atau minuman memabukan, walaupun  dari namanya ada kata Bir. Justru minuman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, badan akan terasa hangat bila minum Bir Pletok ini, karena Bir Pletok ini terbuat dari rempah-rempah seperti Jahe dan sari bunga selasih.

Bir Pletok ini sudah ada pada jaman penjajahan Belanda sobat. Jadi pada jaman itu mereka punya tradisi minum Bir, karena pada waktu itu udara kota jakarta pada saat malam hari sangat dingin. Karena masyarakat betawi mayoritas beragama Islam, jadi minuman yang beralkohol dilarang. Maka sejak saat itulah masyarakat Betawi mempunyai ide untuk membuat Bir, Bir yang di buat masyarakat Betawi adalah Bir yang baik untuk kesehatan tubuh bukan Bir yang memabukan sob.

Pada saat itulah masyarakat Betawi membuat minuman khas yang satu ini, bahah-bahan minuman khas Betawi ini terbuat dari rempah-rempah seperti : Jahe,Daun Pandan,Serai dan Kayu Manis, agar warnanya lebih mirip dengan bir masyarakat Betawi menambahkan dengan kayu secang, kayu secang ini akan menghasilkan warna bila di seduh dengan air panas.

Dinamakan Pletok karena dulu minuman Khas Betawi ini di minum dengan di campur es batu dan dimasukan kedalam gelas bambu di goyang-goyang lalu berbusa  dan mengeluarkan bunyi pletak pletok, nah dari sinilah minuman khas betawi ini di namakan Bir Pletok.

Mudah-mudahan minuman Khas Betawi ini bisa tetap  bertahan dan di lestarikan ya sob, biar anak cucu kite bisa pada tau klo ada Bir yang  baik untuk kesehatan tubuh kite.


0 comments:

Post a Comment