Thursday 30 May 2013

Resep Kue Biji Ketapang Khas Betawi Yang Gurih



Kue Biji Ketapang

Biji Ketapang merupakan kue khas Betawi, biasanya kue ini sering kita jumpai pada saat hari raya Idul Fitri, bentuknya yang pipih dan rasanya yang manis, renyah dan gurih membuat kue ini mempunya tempat tersendiri di hati para pencinta makanan khas Betawi.

Mumpung sebentar lagi mau lebaran, tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk membuat kue Biji Ketapang ini, lumayan sob untuk cemilan disaat kita berkumpul dengan saudara dan teman-teman, untuk resep dan cara membuatnya simak tips dibawah ini

Bahan-Bahan:
1. 500 gram tepung terigu
2. 200 gram gula pasir
3. 150 gram kelapa parut,sangrai
4. 2 butir telur
5. 200 ml santan ( kara 65 ml dicampur air sampai 200 ml )
6. 100 gram margarin
7. Vanili secukupnya
8. Garam secukupnya

Cara Membuat:

Di mangkuk besar campur tepung terigu, tepung maizena, tepung sagu, gula, kelapa sangrai, garam dan vanili lalu aduk hingga rata.

Panaskan santan, aduk hingga mendidih, kemudian masukkan mentega lalu aduk terus hingga mentega cair. Sisihkan.

Buat lubang ditengah-tengan campuran tepung, masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu, lalu masukkan santan dan mentega panas.

Aduk hingga adonan menjadi kalis. 

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, gilas adonan hingga agak pipih ketebalan sekitar 1 cm.  Kemudian potong memanjang dengan lebar 1 1/2 cm, gunting-gunting adonan dengan posisi miring selebar 1 cm. Taburi dengan tepung agar tidak lengket.

Goreng adonan di dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan dengan menggunakan kertas koran atau tissue

Semoga tips ini bermanfaat ya sob..

1 comments:

Unknown said...

Dalam resep tidak dicantumkan tepung maisena & sagu. Tapi kenapa di cara disebutkan ya...

Post a Comment